(lagi) Belajar

03:12 A.M Sunday, 17.07.11

"i thought i’ve got insom now"

Tuhan menciptakan manusia untuk belajar,

Pada saat manusia itu lahir mereka belajar untuk berjalan, merangkak hingga mulai berdiri tertatih dengan bantuan orang tua memegangi tangannya, hingga dengan PD-nya mereka berjalan sendiri sampai terjatuh dan mereka pun menangis.

Pada saat manusia itu ingin berbicara, semua kata yang ada selalu ia ulang ma-ma, pa-pa dan apa yang semua dia dengar. Keinginan mereka sangat kuat untuk berbicara “Aku lapar” atau “Aku ingin buang air” namun begitu sulit dan mereka hanya dapat menangis agar untuk orang disekitarnya tahu apa maksud mereka.

Pada saat manusia itu mulai jatuh cinta mereka belajar seperti mereka belajar berjalan dahulu, merangkak menuju sesuatu yang masih belum di pahaminya lalu mereka berani untuk berdiri dengan bantuan sayap-sayap malaikat kecil. Namun, karena terlalu percaya bahwa sesuatu itu nyata mereka berjalan sendiri hingga pada akhirnya terjatuh dan mereka pun kembali menangis.

Pada saat manusia tersebut ingin mengungkapkan apa perasaan dalam hati, mereka terdiam teringat pada waktu mereka belajar untuk berbicara sangat kuat perasaan agar manusia lain mengerti maksudnya dengan sekuat tenaga ia berjuang namun begitu sulitnya mereka berbicara bukan karena mereka lupa akan cara berbicara, bukan karena mereka lupa bagaimana mereka mengucap ba-bi-bu tapi hanya satu yang manusia itu rasakan mereka tidak ingin kembali pada masa lalu. Menangis, seperti apa yang sudah mereka alami karena sesungguhnya manusia itu sedang belajar.

Bandung, West Java, Indonesia